souvenir pernikahan
isi undangan pernikahan islam

isi-undangan-pernikahan-islam

Isi undangan pernikahan islam barangkali tidak jauh berbeda dengan isi undangan pernikahan yang lainnya. Hanya saja, dalam isi undangan pernikahan islam ada beberapa hal yang secara spesifik membedakannya sehingga undangan tersebut memiliki nuansa islami. Beberapa hal yang memberikan nuansa islami dalam undangan pernikahan antara lain;

>> Yang pertama adalah penggunaan kata-kata yang islami untuk undangan pernikahan. Ini bisa terlihat dari beberapa hal misalnya; penggunaan basmalah dalam undangan pernikahan, penggunaan kata-kata sapaan misalnya assalamu’alaikum dalam undangan pernikahan, penggunaan puja-puji syukur kehadirat Alloh SWT, dan kata-kata islami lainnya.

>> Yang kedua adalah penggunaan ayat suci Al Quran untuk isi undangan pernikahan. Beberapa contoh ayat AlQuran tentang pernikahan antara lain sebagai berikut;

  • Surat Arrum ayat 21

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu  sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir” (Ar-Ruum 21)

  • Surat Annur ayat 32

“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. JIKA MEREKA MISKIN ALLAH AKAN MENGKAYAKAN MEREKA DENGAN KARUNIANYA. Dan Allah Maha Luas (pemberianNya) dan Maha Mengetahui.” (An Nuur 32)

  • Surat Adz Dzariyaat ayat 49

“Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah” (Adz Dzariyaat 49)

  • Surat Al Furqaan ayat 74

Ya Allah…
Anugerahkan kami pasangan dan keturunan
yang menjadi penyejuk mata, penentram hati
dan jadikanlah kami tauladan bagi orang-orang
yang bertaqwa
(QS. Al-Furqaan:74)

>> Yang ketiga adalah penggunaan hadits mengenai pernikahan atau doa pernikahan. Beberapa contoh hadits tentang pernikahan antara lain sebagai berikut;

  • “Dunia ini dijadikan Allah penuh perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan hidup adalah istri yang sholihah” (Hadits Riwayat Muslim)
  • “Barang siapa yang diberi istri yang sholihah oleh Allah, berarti telah ditolong oleh-Nya pada separuh agamanya. Oleh karena itu, hendaknya ia bertaqwa pada separuh yang lain” (Hadits Riwayat Al-Hakim dan At-Thohawi)
  • “Rasulullah Saw bersabda kepada Ali Ra: “Hai Ali, ada tiga perkara yang janganlah kamu tunda-tunda pelaksanaannya, yaitu shalat apabila tiba waktunya, jenazah bila sudah siap penguburannya, dan wanita (gadis atau janda) bila menemukan laki-laki sepadan yang meminangnya.” (Hadits Riwayat Ahmad)

Adapun contoh isi undangan pernikahan islami bisa kita susun dengan ilustrasi diatas. Sebagai contoh undangan pernikahan islami adalah sebagai berikut;

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Menautkan dua hati dalam ikatan suci pernikahan, semoga menjadi langkah awal kami menuju surga. Dengan mengucap syukur yang tak terhingga atas berkah dan karunia Allah SWT, kami bermaksud mengucap ikrar suci dalam walimatul’ursy pernikahan kami

 

(Nama mempelai wanita)

Putri ……………….. & Ibu ………………..

(alamat)

Dengan

(Nama mempelai pria)

Putra ……………….. & Ibu ………………..

(alamat)

 

Rasa haru dan bahagia terukir dihati kami atas limpahan Rahmat Allah SWT dan kami bersimpuh memohon Ridho Nya untuk melangsungkan resepsi pernikahan putra – putri kami, yang Insya Allah akan dilaksanakan:

Hari: ………………..

Pukul: ………………..

Tempat: ………………..

 

(Kel. mempelai Wanita)     (Kel. mempelai pria)

 

Atas kehadiran dan doa restu Bapak / Ibu / Saudara / i kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu  sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir” (Ar-Ruum 21)

 

Dari ketiga contoh mengenai isi undangan pernikahan islam diatas, ada satu hal lagi yang bisa mempertegas isi undangan pernikahan islam yakni penggunaan ornamen ornamge atau kaligrafi arab dalam undangan pernikahan anda. Nah dari contoh undangan pernikahan islami diatas, semoga anda tidak bingung lagi akan isi undangan pernikahan Islam.

contoh isi undangan pernikahan (807), isi undangan pernikahan islam (516), kata-kata undangan pernikahan islami (398), contoh isi undangan pernikahan islam (358), isi undangan pernikahan islami (277), contoh isi undangan pernikahan islami (247), kata undangan pernikahan islam (207), kata kata dalam undangan pernikahan islam (180), contoh kalimat undangan pernikahan islam (159), kata-kata dalam undangan pernikahan islam (137), pernikahan islami (94), kalimat dalam undangan pernikahan (86), contoh surat undangan pernikahan islam (84), doa pernikahan islam (83), undangan pernikahan muslim (81), ayat alquran tentang pernikahan (70), contoh undangan pernikahan muslim (70), undangan pernikahan islam (68), kalimat undangan pernikahan islami (67), doa pernikahan islami (61)

Tags: , , , , , , , , , , , , ,