souvenir pernikahan
undangan basa jawa

undangan-basa-jawa

Undangan basa jawa adalah undangan pernikahan yang menggunakan bahasa jawa. Penggunaan bahasa Jawa menurut salah satu sumber mulai tersingkirkan oleh bahasa Indonesia maupun bahasa gaul. Katanya, saat ini tidak banyak anak-anak Jawa usia sekolah yang menguasai bahasa Jawa. Bahkan dalam sehari-hari penggunaan bahasa jawa juga mulai dilupakan. Namun begitu, saya kurang setuju dengan pendapat ini, karena di daerah saya, anak-anak kecil masih banyak yang menggunakan bahasa jawa. Bahkan di SD, SMP, SMA, mereka yang menggunakan bahasa indonesia hanya pada saat-saat resmi saja.

Jadi ada perbedaan pendapat jika sebuah artikel berkata betapa memprihatinkan karena bahasa jawa yang seharusnya menjadi bahasa ‘ibu” dalam kehidupan sehari-hari mulai tergeser. Namun begitu, saat ini saya tidak akan terlalu banyak menyinggung soal bahasa jawa dari segi sosial, karena kita akan berfokus tentang undangan basa jawa atau membuat undangan pernikahan dalam bahasa jawa. Tentu yang kita maksud di sini adalah dalam hal kata-kata undangan pernikahan. Nah, agar tidak berlama-lama lagi, di bawah ini saya sajikan contoh undangan pernikahan bahasa jawa.

Dan nanti saya juga akan menampilkan sebuah contoh undangan pernikahan yang sudah jadi menggunakan kata-kata dalam bahasa jawa. Inilah dia, kita tampilnya:

 

Bismillahirrahmanirrahim
Nambut Silaning Akrami :
Dena Evi Susiani, SE, Msi, Akt
Putri Bpk. Drs. H. Sudarsono / Ibu Pudji Handayani
Purwodadi – Grobogan

Kalian

RM. Agung Prihanto, ST, MPM, CISA, OCP
Putra Bpk. Sabdalangit Archam Effendi, SIP, MM / Ibu R. Ay. Untari SL
Plengkung Wijilan – Yogyakarta
Winantu Sagunging Pakurmatan,
Kanthi Lumaraping Nawala Sedhahan, Minangka Sesulih Pisowan Kula Wonten
ing Ngarsa Panjenengan, Sinartan Nyadhong Berkahing Gusti Ingkang Maha Tunggal,

Kula Sabrayat Hanggadhahi Pangangkah Badhe Ngawontenaken Syukuran
Tuwin Pawiwahan Dhauping Sri Penganten Anak Kula,
Dinten : Sabtu Pahing, Suryo Kaping : 5 Maret 2011
Wanci Tabuh : 11.00-13.00 WIB
Mapan ing Ondrowino Hotel Santika, Jl. Ahmad Yani
Semarang
Dhaup suci (akad nikah) :
Dinten : Sabtu Pahing
Suryo Kaping : 5 Maret 2011
Wanci Tabuh : 07.27 WIB

Mapan ing Hotel Santika, Jl. Ahmad Yani
Semarang

Setuhu Badhe Damel Bombong Saha Mongkoging Manah
Kula Sabrayat, Bilih Dhangan ing Penggalih Saha Sepen ing Sambekala Bapak / Ibu

Kepareng Rawuh Hangestreni Saha Paring Puja Pangastuti
Dhumateng Anak Kula Sri Penganten,
Supados Dados Kaluwarga Ingkang Bagya Mulya.
Wasana Kula Sagotrah Hangaturaken Agunging Panuwun

Saha Nyuwu Lubering Pangaksami Sadaya Kekirangan Dalah
Kalepatan Kula.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Atur Taklim Kula,

Bpk. Drs. H. Sudarsono / Ibu Pudji Handayani
Bpk. Sabdalangit Archam Effendi, SIP, MM / Ibu R. Ay. Untari SL
Dena  & Agung

 

Itu tadi adalah contoh kata-kata undangan pernikahan dalam bahasa jawa. Dan sesuai dengan janji saya diawal, berikut ini saya tampilkan contoh undangan yang sudah jadi menggunakan kata-kata undangan pernikahan di atas.

(ehm, ngomong-ngomong gambarnya sudah saya pindah ke bagian atas tuh hehehe)

Oke, dari tulisan saya kali ini saya harap dapat membantu anda dalam menyusun undangan pernikahan. Ngomong-ngomong, jika anda tertarik dengan undangan pernikahan bahasa jawa yang ada di foto tersebut, anda bisa langsung menghubungi produsennya. Alamatnya sesuai yang tertera di foto tersebut, karena saya memfotonya juga di workshop mereka. Nah, dari itu semua, silakan dipelajari dan semoga undangan basa jawa diatas dapat bermanfaat bagi anda semua.

undangan pernikahan bahasa jawa (442), undangan bahasa jawa (371), contoh undangan pernikahan bahasa jawa (325), undangan pernikahan dalam bahasa jawa (113), contoh undangan bahasa jawa (100), undangan dalam bahasa jawa (98), contoh undangan pernikahan dalam bahasa jawa (90), undangan basa jawa (76), undangan bahasa sunda (63), undangan pernikahan berbahasa jawa (55), UNDANGAN PERNIKAHAN MENGGUNAKAN BAHASA JAWA (53), UNDANGAN NIKAH BAHASA JAWA (52), undangan berbahasa jawa (50), undangan pernikahan jawa (48), contoh undangan dalam bahasa jawa (42), contoh kata kata undangan pernikahan bahasa jawa (39), undangan menggunakan bahasa jawa (39), kata kata undangan pernikahan bahasa jawa (38), isi undangan pernikahan bahasa jawa (37), contoh undangan pernikahan berbahasa jawa (35)

Tags: , , , , , , , , , , ,